WILUJEUNG SUMPING DI KOMUNITAS PEDULI KAMPUNG HALAMAN - SELAMAT DATANG DI KOMUNITAS PEDULI KAMPUNG HALAMAN

08 April 2013

SANGGAR BARUDAK


 Calistung vs Menggambar
Minggu sore yang cerah dimulai dengan kecerian anak yang bermain sondah/engkle dan karet di halaman sanggar pada tanggal 8 April 2013, satu jam sebelum pelajaran dimulai mereka (siswa) sudah berdatangan dan bermain bersama kakak pengajarnya. Antusias orangtua murid pun cukup membuat kami (pengajar) tegang atau gerogi gitu..hahha saat melihat anak-anaknya bermain bersama kami.
Satu jam berlalu dengan sedikit keringat kita pun memulai pmbelajaran dengan SerSan (Serius tapi Santai) dikelasnya masing-masing. Utuk kelas 1 (anak usia Paud dan TK)  ini ka Witri dan Ka Intan langsung aja melakukan pengetesan membaca Angka dan Huruf yang sudah di tulis di white board guna mengetahui sampai dimana pengetahuan 14  siswanya. Sangat sulit ketika pengetahuan dari siswa/I ini berbeda “yahh kayanya harus diajarkan dari awal secara bersamaan” ungkap kakak berdua ini, kemudian kakak pun mengajarkan cara membaca dan menulis angka/huruf ini secara bertahap serta diselingi nyanyian membaca dan menghitung.
Di kelas yang berbeda terlihat kecerian dari 9 anak usia SD yang sedang menuangkan imaginasi dan pemikiran mereka kedalam sebuah gambar, goresan demi goresan telah mereka tuangkan kedalam kertas putih kosong milik masing-masing. Ka Juna dan ka Ana pun tak mau kalah terlibat didalamnya tak peduli bagaimana hasil goresannya itu. Setelah siswa merasa puas dengan karya yang telah selesai mereka buat, kemudian masing-masing siswa menjelaskan maksud dari karyanya itu guna menguasai makna dari sebuah karyanya sendiri.
            Suara keras ayat-ayat dari surat al-ashr yang keluar dari mulut siswa/i itu menutup pembelajaran pertamanya. .alhamdulillah

No comments: